Friday, October 10, 2014

Dikaji, Ujian Mapel Peminatan dan Lintas Minat

Surakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengkaji pelaksanaan ujian nasional bagi mata pelajaran (mapel) peminatan dan lintas minat. Memasukan mata pelajaran peminatan dan lintas minat dalam ujian nasional atau sekolah masih belum final, dan terus dikaji agar tidak berbenturan waktu ujian dengan mapel wajib.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Achmad Jazidie, pada acara Sosialisasi Kurikulum 2013, di Kota Surakarta Jawa Tengah, pada hari Rabu (08/10/2014). Ia menerangkan, mapel peminatan dan lintas minat diadakan ujian agar dapat menjadi ukuran ketika masuk ke perguruan tinggi. Bila peserta didik mengambil jurusan di perguruan tinggi berbeda dengan mayor peminatan yang diambil, maka nilai ujian mapel lintas minat dapat digunakan sebagai bukti telah mengikuti mapel yang dibutuhkan jurusan di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pembinaan SMA, Harris Iskandar menguatkan kembali mengenai mapel peminatan dan lintas minat masih dalam kajian apakah diadakan sebagai ujian nasional atau hanya sebagai ujian sekolah saja. “Saat ini pun juga sedang diuji coba pelaksanaan ujian dengan menggunakan media daring untuk lebih memudahkan peserta didik dalam mengerjakan soal ujian,” tuturnya.

Oleh sebab itu pemilihan mapel peminatan dan lintas minat membutuhkan peran guru pendamping konseling agar dapat mengarahkan peserta didik dalam memilih mapel tersebut. Diharapkan peserta didik dapat merasa senang dengan mapel yang telah dipilih sesuai kehendak mereka, serta tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan ujian mapel dimaksud. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dikaji / Lintas / Mapel / Minat / Peminatan / Ujian dengan judul "Dikaji, Ujian Mapel Peminatan dan Lintas Minat".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/dikaji-ujian-mapel-peminatan-dan-lintas.html.

ARTIKEL TERKAIT: