Thursday, October 2, 2014

Indonesia Raih Predikat Best Team Work dalam e-ICON ke-4

Jakarta, Kemdikbud --- Tim Indonesia berhasil merebut predikat Best Team Work dalam kompetisi dunia bidang e-learning, The 4th e-Learning International Contest of Outstanding New Ages (e-ICON) 2014 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, pertengahan September 2014 lalu. Pada ajang tersebut, tim Indonesia diwakili oleh Adlil Luthfy Rahman dan Muhammad Iqbal Delvi dari SMK Negeri 1 Batam. Dalam satu tim, mereka berdampingan dengan dua siswa lainnya asal Ansen Middle School dari Korea Selatan.

Dalam laporan hasil kegiatan yang diterima kemdikbud.go.id, kedua siswa Indonesia ini mengangkat tema pembelajaran Asian Tradisional Music. Tema ini diambil mengingat pembelajaran Seni Budaya menjadi mata pelajaran yang diajarkan di SMK Negeri 1 Batam. Selain itu, Adlil dan Iqbal juga memiliki kebolehan dalam bidang seni.   

Kegiatan  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan dan The Institute of APEC Collaborative Education (IACE) diikuti oleh 54 peserta dari 9 negara dan dikelompokkan menjadi 9 tim. Setiap tim terdiri atas 4 orang peserta, yang merupakan gabungan antara siswa lokal dan siswa asal negara lain.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai Koordinator APEC Human Resource Development Working Group Indonesia mengucapkan selamat atas diraihnya predikat tersebut. Sekretaris Balitbang, Dadang Sudiyarto, dalam surat yang ditujukan kepada Kepala SMK Negeri 1 Batam menulis, hasil tersebut membanggakan bagi Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini akan semakin memicu kreativitas dan semangat rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, serta para siswa untuk berkompetisi dalam era global saat ini,” tulis Dadang.

Ia juga mengharapkan agar pengalaman mengikuti kompetisi tingkat internasional itu dapat ditularkan di lingkungan sekolah maupun lingkungan yang lebih luas. “Sehingga bisa menjadi motivasi dan best practices bagi rekan-rekan lainnya,” tulis Dadang.
e-ICON bertujuan untuk mempererat hubungan luar negeri Korea Selatan dengan negara-negara sahabat dalam kerangka APEC. Selain itu, ajang ini juga diharapkan mampu mempercepat kemampuan generasi muda dalam bidang e-learning yang dibutuhkan untuk pengembangan dunia pendidikan di masa yang akan datang. (Ratih Anbarini) 


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dalam / eICON / Indonesia / Predikat dengan judul "Indonesia Raih Predikat Best Team Work dalam e-ICON ke-4".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/indonesia-raih-predikat-best-team-work.html.

ARTIKEL TERKAIT: