Friday, October 10, 2014

Indonesia Tegaskan Siap Jadi GoH FBF 2015

Frankfurt, Kemdikbud --- Di hadapan puluhan wartawan di arena Frankfurt Book Fair (FBF), Kemdikbud menyatakan kesiapannya menjadi tamu kehormatan, Guest of Honour (GoH), pada FBF 2015. Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Naim mengatakan, "Kami hadir di sini dan kami siap menjadi GoH pada FBF tahun 2015."

Ainun memaparkan, ketika Kemdikbud telah menandatangani perjanjian dengan Penyelenggara FBF, orang bertanya-tanya siapa yang akan memimpin pelaksanaan GoH. Dan semua mengarah kepada Sekretariat Jenderal.  "Karena itulah kami siapkan dana, termasuk untuk penerjemahan," ujarnya.

Terkait pergantian pemerintah, Ainun mengaku telah berkonsultasi dengan mantan Presiden BJ Habibie. Ia akan meminta kepada presiden terpilih untuk menjamin penyelenggaraan GoH ini.  "Lagi pula, karena sudah menjadi komitmen internasional tentu kita akan malu jika membatalkannya," kata Ainun usai konferensi pers. 

Disamping Ainun, hadir pembicara lain dalam konferensi pers ini, yaitu Direktur FBF Jurgen Boss, Wamendbud Wiendu Nuryanti, dan Husni Syawie Sekjen IKAPI Pusat. Boss tidak menyinggung secara spesifik mengenai GoH. Ia hanya menyatakan Indonesia telah menjadi salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.       

Sedangkan pembicara yang lain Goenawan Mohammad menyatakan bahasa Indonesia berperan penting dalam pengembangan kesusastraan Indonesia.  Husni Syawie menyatakan bahwa penerjemahan buku-buku Indonesia kedalam bahasa Jerman dan bahasa asing lainnya siap menanti penerjemah-penerjemah. "Silakan kunjungi hubungi penerbit atau pemegang copyrights langsung atau hubungi sekretariat FBF Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu, Wiendu Nuryanti, yang berbicara setelah Boss, mengajak hadirin untuk membayangkan Indonesia dengan ribuan pulau, ratusan gunung berapi yang aktif, ribuan candi dan situs, dan beragam budaya. Membandingkan dengan Finlandia yang menjadi GoH dengan tema "cool", maka dengan Indonesia yang menjadi GoH akan terbayang, "Finland is cool, but Indonesia is very hot," yang disambut tepuk tangan. (Ibnu Hamad)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Indonesia / tegaskan dengan judul "Indonesia Tegaskan Siap Jadi GoH FBF 2015".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/indonesia-tegaskan-siap-jadi-goh-fbf.html.

ARTIKEL TERKAIT: