Friday, October 10, 2014

Irjen Kemdikbud: Bina Satker dengan Contoh

Jakarta, Kemdikbud --- Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar mengatakan, pejabat, auditor dan pegawai negeri sipil di lingkungan Inspektorat Jenderal harus menjadi contoh dan teladan bagi satuan kerja lain di Kemdikbud. Contoh ini dapat dimulai dengan hal kecil, misalnya dengan menutup pintu bagi kesepakatan di luar aturan perundangan.

“Jangan pernah ada lagi deal-deal dengan pihak hotel, atau perusahaan-perusahaan atau apapun dalam menjalankan tugas,” kata Haryono Umar usai melantik tiga pejabat eselon 3 dan 4, serta 32 auditor dan 22 PNS baru di lingkungan Inspektorat Jenderal, Jumat (10/10/2014), di kantor Kemdikbud.

Haryono mengingatkan agar para auditor yang baru saja dilantik untuk mengawal akuntabilitas satuan kerja (satker) di lingkungan Kemdikbud. Guna menjaga agar jangan sampai terjadi temuan-temuan berulang, Haryono mengatakan perlu ditingkatkan kompetensi pengetahuan maupun keterampilan para auditor dan auditan binaannya.

Auditor dituntut untuk menjadi contoh dalam bersikap, berintegritas, dan menjadi tempat bertanya para auditan di satker-satker. Haryono menekankan, audit yang dilakukan oleh para auditor kepada satker-satker adalah berbasis risiko. “Kita ingin Kemdikbud bebas dari risiko temuan, risiko etika, dan lainnya,”

Selain itu, Haryono mengatakan, auditor diharapkan terus memberi masukan kepada inspektur masing-masing ketika mendapatkan gejala-gejala penyimpangan ketika menilai satker. Ada empat hal yang menjadi tolok ukur para auditor, yaitu pencegahan, pencegahan, pencegahan, baru penindakan.

Dan yang paling penting, kata dia, setiap pegawai yang ada di Itjen Kemdikbud mengemban kewajiban untuk menjaga laporan keuangan di Kemdikbud agar tetap wajar tanpa pengecualian (WTP), dan bisa menjadi teladan bagi pengelolaan keuangan bagi kementerian dan lembaga lainnya. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Contoh / dengan / Irjen / Kemdikbud / Satker dengan judul "Irjen Kemdikbud: Bina Satker dengan Contoh".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/irjen-kemdikbud-bina-satker-dengan.html.

ARTIKEL TERKAIT: