Friday, October 10, 2014

Jaring Penelitian Terbaik Siswa Lewat LPIR

Tangerang Selatan, Kemdikbud --- Salah satu cara menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat meneliti di kalangan siswa adalah dengan mengadakan lomba penelitian. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melihat keberadaan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) dapat menampung penelitian siswa-siswa SMP berbakat tersebut untuk unjuk kreativitas.

LPIR tingkat SMP berlangsung pada 8-12 Oktober di Tangerang Selatan. Setelah dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Hamid Muhammad, 113 finalis mulai berkompetisi.

Berbagai seleksi harus dilalui oleh para finalis dalam meraih gelar juara. Di antaranya, demonstrasi praktek, presentasi hasil penelitian dan tanya jawab dengan dewan juri yang berasal dari berbagai instansi, misalnya HAKI Kemenkumham, UI, ITB, IPB, UPI, LIPI, LPMP, Harian Kompas, Kopertis Wil III Jakarta, Bakosurtanal, dan Kapuslit Kemas.

Ketua Pelaksana LPIR, Didik Suhardi, mengatakan penyelenggaraan LPIR tahun ini menyaring 113 naskah dari 1.143 naskah yang masuk ke panitia. Para finalis akan memperebutkan 15 medali untuk setiap bidang dimana tiga medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu.

“Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak yang mengirim naskah, diikuti oleh Jawa Tengan dan DIY Yogyakarta,” katanya, pada acara pembukaan LPIR tahun 2014 di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (09/10/2014).

Setelah lomba selesai, panitia juga akan mengajak guru dan siswa untuk wisata edukasi di sekitar area PUSPIPTEK, Pusat Peragaan IPTEK TMII dan Keliling Kota Jakarta. Pada acara pembukaan LPIR ini, juga dimeriahkan dengan tarian Pesta Panen Kentung Lesung dari SMPN 4 Kota Tangsel dan Tari Luluhung dari SMPN 1 Serang, Banten. (Dennis Sugianto)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jaring / lewat / penelitian / Siswa / Terbaik dengan judul "Jaring Penelitian Terbaik Siswa Lewat LPIR".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/jaring-penelitian-terbaik-siswa-lewat.html.

ARTIKEL TERKAIT: