Friday, October 10, 2014

LPIR Dibuka, 113 Finalis Siap Berkompetisi

Tangerang Selatan, Kemdikbud --- Sebanyak 113 finalis Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) seluruh Indonesia mulai berkompetisi hari ini, Kamis (09/10/2014). Setelah dibuka oleh Dirjen Pendidikan Dasar Hamid Muhammad di Puspiptek Kemdikbud, Serpong, Tangerang Selatan, para finalis LPIR ini mulai mendemonstrasikan penelitiannya di hadapan dewan juri.

Hamid mengatakan, melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu para siswa, sehingga menghasilkan penelitian yang berkualitas. Jika kualitasnya memenuhi standar, kata dia, besar harapan penelitian tersebut akan dikirimkan ke olimpiade penelitian internasional.

Hamid mengatakan, 113 finalis ini merupakan siswa siswi terbaik dari 9,7 juta siswa SMP di seluruh Indonesia. “Kami berharap dengan LPIR ini siswa dapat menghasilkan penelitian yang original, unik dan berguna bagi masyarakat sehingga dapat kita kirim ke ajang yang lebih tinggi karena di tingkat SMA ada delapan olimpiade internasional untuk penelitian” kata Hamid dalam sambutan pembukaan LPIR, di Puspiptek, Kamis (09/10/2014).

Pada kesempatan ini, Ketua Pelakasana LPIR, Didik Suhardi, menyampaikan bahwa ruang lingkup LPIR mencakup tiga bidang yaitu bidang IPA dan Lingkungan dengan 45 naskah, bidang IPS dan Kemanusiaan 34 naskah serta bidang Teknik dan Rekayasa Teknologi 34 naskah. Dengan demikian, jumlah naskah yang masuk final sebanyak 113 dari 1.143 naskah yang masuk per 31 Agustus 2014. 113 finalis akan memperebutkan 15 medali untuk setiap bidang dimana tiga medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu.

“Peserta LPIR diikuti oleh semua provinsi di Indonesia kecuali Maluku Utara karena belum berhasil menempatkan wakilnya di LPIR tingkat Nasional.” ujar Didik. (Dennis Sugianto)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berkompetisi / Dibuka / Finalis dengan judul "LPIR Dibuka, 113 Finalis Siap Berkompetisi".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/lpir-dibuka-113-finalis-siap.html.

ARTIKEL TERKAIT: