Tuesday, October 7, 2014

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Digelar di Yogyakarta

Jakarta, Kemdikbud --- Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) kembali digelar di tahun 2014 ini. Mengambil tempat di Yogyakarta, OPSI berlangsung sejak 5-11 Oktober. Seleksi proposal untuk olimpiade ini telah dilakukan sejak minggu ke dua Maret lalu. Dan pemenang proposal tersebut telah dibina hingga Juli 2014.

Untuk mengikuti seleksi finalis, para pemenang seleksi proposal harus mengirimkan naskah dan logbook penelitian yang harus diterima panitia paling lambat 5 September 2014. Setelah dilakukan penilaian, para finalis akan melakukan presentasi dan penilaian yang berlangsung di Yogyakarta saat ini.

Penilaian dilakukan dengan dua metode, yaitu pameran poster dan presentasi. Peserta yang naskah hasil penelitiannya terseleksi pada tahap Seleksi Finalis OPSI diharuskan menampilkan hasil penelitiannya dalam kegiatan Pameran dan Presentasi Finalis OPSI. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menilai poster dan pameran hasil penelitiannya.

Dalam pameran, peserta menyiapkan poster hasil penelitan dan material pajang hasil penelitiannya, dan dibawa secara langsung saat pameran. Poster-poster tersebut akan dinilai oleh tim juri  disamping melakukan tanya-jawab dengan peserta, berdasar pada format penilaian poster dan pameran.

Seluruh Peserta finalis harus hadir di tahap presentasi harus mempersiapkan bahan presentasi dalam bentuk paparan elektronik. Peserta memaparkan hasil penelitiannya dalam bahasa Indonesia atau Inggris selama sepuluh menit, dilanjutkan tanya-jawab dengan tim juri.

Tujuan dari OPSI selain untuk memotivasi siswa SMA berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya, juga untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian. Dalam ajang ini para siswa diberi pembinaan untuk menumbuhkembangkan budaya meneliti. Dengan demikian, diharapkan akan didapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

Ajang ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi komunitas peneliti tingkat siswa SMA dari berbagai daerah untuk melakukan temu karya penelitian. Tujuan lainnya adalah memilih calon peserta untuk diikutsertakan dalam kegiatan penelitian di tingkat internasional. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Digelar / Indonesia / Olimpiade / penelitian / Siswa / Yogyakarta dengan judul "Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Digelar di Yogyakarta".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/olimpiade-penelitian-siswa-indonesia.html.

ARTIKEL TERKAIT: