Saturday, October 4, 2014

Penghargaan Bagi 49 Orang Pelestari Karya Seni dan Budaya Indonesia

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan anugerah dan penghargaan kepada 49 orang pelestari karya seni dan budaya Indonesia. Pemberian tersebut dilakukan pada acara malam Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi tahun 2014, di Gedung Perfilman, Kuningan Jakarta, pada hari Jumat (03/10/2014).

 “Atas nama kementerian kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa atas dedikasi, prestasi, komitmen para penerima anugerah dan penghargaan,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dalam sambutannya.

 Program yang telah dilakukan sejak tahun 2012 ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pelestari seni dan budaya Indonesia dalam rangka penguatan karekter bangsa. Hal tersebut dilakukan untuk membangun arti penting apresiasi, serta menjadi tanda bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan agar tetap mengakar pada penerus-penerus bangsa.

Pemberian anugerah dan penghargaan diberikan dalam enam kategori, yaitu penghargaan tanda kehormatan kelas bintang budaya parama dharma, anugerah tanda kehormatan kelas Satyalancana Kebudayaan, anugerah kebudayaan kategori anugerah seni. Kemudian, anugerah kebudayaan kategori pelestarian dan pengembang warisan budaya.

Selanjutnya anugerah dan penghargaan diberikan kepada kategori anak dan remaja yang berdedikasi terhadap kebudayaan, serta  penghargaan maestro seni tradisi 2014. Daftar nama pemenang terlampir dalam kolom pengumuman www.kemdikbud.go.id.

Mendikbud merasa terharu melihat para tokoh seni dan budaya usia lanjut yang terus berkarya untuk mengawal dan mengembangkan seni dan budaya sebagai kekayaan bangsa Indonesia yang sangat luar biasa. ”Siapa yang bisa mengangkat dan mengenalkan tokoh-tokoh yang berasal dari beberapa daerah, kalau bukan kita semua yang memperkenalkannya,” kata Mendikbud.

Mendikbud menegaskan kembali, menjadi tugas bersama dalam memperkenalkan kepada anak-anak bangsa tentang seni dan budaya Indonesia, juga para pelestari seni budaya tersebut. Pemerintah ingin membangun tradisi, dan budaya menghargai prestasi orang-orang yang telah memberikan karya terbaik bagi nusa dan bangsa. ”Itulah yang selalu saya sampaikan tentang budaya, tradisi, apresiatif, dan kontruktif,” ujarnya.

Dengan begitu Mendikbud meyakini pada masa yang akan datang  Indonesia akan memiliki   putra dan putri bangsa yang hebat dalam melestarikan seni dan budaya. ”Saya akan berpesan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru nanti salah satunya adalah untuk melanjutkan pemberian anugerah dan penghargaan ini,” pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)   


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Budaya / Indonesia / Karya / Orang / Pelestari / penghargaan dengan judul "Penghargaan Bagi 49 Orang Pelestari Karya Seni dan Budaya Indonesia".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/penghargaan-bagi-49-orang-pelestari.html.

ARTIKEL TERKAIT: