Thursday, October 2, 2014

Presiden RI: Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Pahlawan dan Pendahulu Bangsa

Jakarta, Kemdikbud --- Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kembali pentingnya menghargai jasa pendahulu bangsa. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan dan pendahulu bangsa. Bangsa yang besar juga merupakan bangsa yang arif, dan menyongsong masa depan bangsa semakin maju, makmur, dan jaya.” Demikian disampaikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono saat menyapa siswa pengisi paduan suara seusai upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, pada hari Rabu (01/10/2014).

Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2014 adalah “Penguatan Nilai-nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi”. Sebagai penanggung jawab peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, pemilihan tema Hari Kesaktian Pancasila tersebut sangat tepat, karena nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarakat Indonesia semakin matang dalam kehidupan berpolitik.

“Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh. Pancasila juga memperkuat sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat Indonesia,” disampaikan oleh Mendikbud dalam sambutan tertulisnya.

Seusai upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti menyampaikan, bahwa rakyat Indonesia patut bersyukur memiliki ideologi Pancasila yang melindungi keberagaman.

“Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi acuan dalam keberagaman, maka perlu kita lestarikan, dan jaga,” ungkap Wiendu.

Peringatan ini, kata Wiendu, merupakan refleksi betapa bahagianya bangsa Indonesia memiliki pendiri bangsa (founding father) yang hebat. Para pendiri bangsa telah memikirkan ideologi yang menjangkau jauh kedepan. “ Oleh sebab itu sebagai generasi muda kita harus berterima kasih kepada pendiri bangsa dan bangga dengan adanya Pancasila,” pungkas Wiendu. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori adalah / Bangsa / besar / Menghormati / Pahlawan / Pendahulu / presiden dengan judul "Presiden RI: Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Pahlawan dan Pendahulu Bangsa".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/presiden-ri-bangsa-yang-besar-adalah.html.

ARTIKEL TERKAIT: