Saturday, October 4, 2014

Presiden RI Meresmikan Asrama Mahasiswa “SBY” di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir

Jakarta, Kemdikbud --- Asrama Mahasiswa “SBY” di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir yang diinisiasi sejak tahun 2008, hari ini dinyatakan secara resmi penggunaannya. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Jumat (03/10/2014).

“Dengan memohon Ridho Allah SWT asrama mahasiswa Indonesia yang kita bangun di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir secara resmi saya nyatakan penggunaannya,” demikian disampaikan Presiden saat akan menandatangi prasasti yang akan ditempatkan di asrama mahasiswa tersebut.

Presiden menyampaikan rasa syukur bahwa empat gedung asrama, dengan enam lantai tersebut hampir selesai, dan siap untuk menampung mahasiswa Indonesia. Penempatan mahasiswa Indonesia, mahasiswa Mesir, dan dari nergara lainnya di asrama tersebut menurut Presiden merupakan hal baik. “Itu akan menjadi kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan sesama para mahasiswa yang sedang menempuh ilmu di Universitas Al-Azhar di Kairo,” ungkap Presiden.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Luar Negeri, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir atas terealisasinya asrama ini,” kata Presiden.

Sebelum dimulainya peresmian asrama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melaporkan perkembangan yang disajikan dalam bentuk poster. Penyajian poster ditempatkan di halaman Masjid Baitturahim Kompleks Istana Kepresidenan. Mendikbud menyampaikan berawal dari keprihatinan pemerintah terhadap sekitar 3500 mahasiswa Indonesia di Kairo Mesir yang tinggal di daerah relatif kumuh, tempat tinggal yang jauh dari kampus, maka asrama ini dibangun.

“Selain menjaga hal-hal tersebut, pemerintah juga menjaga para mahasiswa dari ajaran-ajaran agama yang sangat ekstrim maupun radikal,” ucap Mendikbud.

Pada kesempatan ini Mendikbud menyampaikan sejarah berdirinya asrama. Pada tahun 2008 diawali lokakarya yang membahas perlu dibangunnya asrama. Kemudian tahun 2009 diterbitkan letter of intense antara kedutaan besar RI untuk Mesir, dengan Al-Azhar, hingga bulan Oktober 2010, diberikan izin prinsip dari Presiden SBY untuk memberikan hibah.  

“Atas nama Kemdikbud, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Agama, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bapak Presiden atas terealisasinya pembangunan Asrama Mahasiswa “SBY”,  pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Asrama / Azhar / Kairo / Mahasiswa / Meresmikan / Mesir / presiden / Universitas dengan judul "Presiden RI Meresmikan Asrama Mahasiswa “SBY” di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/presiden-ri-meresmikan-asrama-mahasiswa.html.

ARTIKEL TERKAIT: