Tuesday, October 7, 2014

Rumah Tetenger dan Galeri Taman Tino Sidin Resmi Dibuka Untuk Umum

Yogyakarta, Kemdikbud --- Upaya mengapresiasi dan mendukung pelestarian cagar budaya di berbagai daerah terus dilakukan. Terbaru, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Na’im meresmikan Rumah Tetenger dan Galeri Taman Tino Sidin.

“Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat mengapresiasi dan mendukung berdirinya Taman Tino Sidin ini,” ungkap Ainun dalam sambutannya.

Taman yang berupa rumah dan galeri yang berlokasi di Jalan Tino Sidin No.297 Kadipiro, Kasihan, Bantul, Yogyakarta telah resmi dibuka untuk umum pada hari Sabtu (04/10/2014).

Ainun lebih jauh menjelaskan bahwa pada tahun 2015 Kemdikbud, melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, telah menganggarkan bantuan untuk meningkatkan pengembangan, dan penyelesaian rumah dan galeri tersebut sebesar Rp. 1,5 miliar. Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, fasilitas yang berisi karya dan peninggalan Tino Sidin tersebut akan tampak lebih bagus dan memiliki kegiatan yang mendorong anak-anak serta masyarakat untuk berkunjung.

“Anak-anak harus diarahkan ke (kegiatan) positif, seperti berkunjung ke Taman ini. Agar mereka senang, dan dapat lahir Tino Sidin baru sebagai penerus bangsa,” ungkap Ainun.

Dalam kesempatan ini, Haka Astana mewakili keluarga besar mengatakan bahwa pendirian taman tesebut berangkat dari rumah peninggalan Tino Sidin. Pembangunan taman ini dirangkum ulang dari peninggalan fisik, meliputi barang, dokumen dan arsip, terutama gambar sketsa.

Tino Sidin merupakan seorang pelukis dan guru gambar yang terkenal dengan acaranya di stasiun TVRI era 80-an, yaitu “Gemar Menggambar”. Dalam acara ini "Pak Tino" mengajar anak-anak bahwa menggambar itu mudah, dan merupakan perpaduan dari garis-garis lurus dan garis-garis lengkung. Pada akhir setiap acara beliau menunjukkan gambar-gambar yang dikirim oleh pemirsanya dan kemudian menambahkan komentar yang sangat dikenal, "Bagus!". (Avestiva/Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dibuka / Galeri / Resmi / Rumah / Sidin / Taman / Tetenger / untuk dengan judul "Rumah Tetenger dan Galeri Taman Tino Sidin Resmi Dibuka Untuk Umum".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/rumah-tetenger-dan-galeri-taman-tino.html.

ARTIKEL TERKAIT: