Tuesday, October 7, 2014

Skema hadiah untuk mendorong makanan sehat

 Ada perbedaan makan buah dan sayur berdasarkan usia, jenis kelamin, dan latar belakang sosial ekonomi. Anak-anak akan lebih banyak makan buah dan sayuran jika dibuat menjadi semacam perlombaan, seperti terungkap dalam sebuah riset di Inggris.


Penelitian yang dilakukan Universitas Edinburgh, Universitas Bath, dan Universitas Essex itu memperlihatkan bahwa memanfaatkan semangat persaingan anak-anak bisa membuat sepertiga dari mereka akan memilih makanan sehat.


Lebih dari 600 murid berusia enam hingga 10 tahun dari 31 sekolah di Inggris menjadi responden dalam riset tersebut.


Ditemukannya juga indikasi bahwa anak perempuan akan lebih tanggap terhadap lomba makan sayur dibanding anak laki-laki.


Skema yang digunakan dalam penelitian adalah memberi stiker penghargaan kepada anak yang memiliih buah dan sayur saat makan siang atau membawanya di dalam kotak makan siang yang dibawa dari rumah.


Anak-anak itu akan mendapat 'hadiah' tambahan jika mereka memilih atau membawa buah dan sayur sebanyak empat kali dalam seminggu.


Hasil lain penelitian -yang juga menggunakan kelompok kontrol yang tidak mendapat penghargaan jika makan buah atau sayur- adalah perbedaan antara murid berdasarkan usia, jenis kelamin, dan latar belakang sosial ekonomi.


Namun secara umum, skema 'hadiah' meningkatkan konsumsi atas makanan sehat dalam jangka panjang.


"Sepekan setelah kami menghentikan skema penghargaan, (makan buah dan sayur) tetap berjalan di kebanyakan kelompok," kata Profesor Michelle Belot dari Universitas Edinburgh.


"Kami kembali lagi enam bulan kemudian dan kami tidak menemukan kemunduran," tambahnya.


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hadiah / makanan / mendorong / sehat / skema / untuk dengan judul "Skema hadiah untuk mendorong makanan sehat".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/skema-hadiah-untuk-mendorong-makanan.html.

ARTIKEL TERKAIT: