Tuesday, October 7, 2014

Sosialisasi Mata Pelajaran Peminatan Sekolah Menengah Masuki Tahap 3

Jakarta, Kemdikbud --- Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sosialisasi tahap ketiga  tentang mata pelajaran peminatan dan penyediaan buku Kurikulum 2013. Sosialisasi akan dilaksanakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada hari Rabu (08/10/2014). Sosialisasi sebelumnya telah dilaksanakan di Provinsi Bali dan Provinsi Kalimantan Timur.

Penyaji utama dalam sosialisasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah adalah Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie. Peserta kali ini berjumlah sekitar 150 orang, terdiri dari unsur dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA, SMK, dan SMLB. Selain itu juga akan hadir guru bimbingan konseling, organisasi masyarakat, pengamat pendidikan, dunia usaha/industri, dan wartawan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 64 tahun 2014 tentang Peminatan Pendidikan Menengah menjelaskan peminatan adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik dengan orientasi pemusatan, perluasan, dan/atau pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan.

Mata pelajaran (mapel) pada kelompok peminatan Matematika dan IPA terdiri atas: Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan mapel kelompok peminatan IPS terdiri atas: Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Antropologi, serta Ekonomi. Kelompok peminatan Bahasa dan Budaya mencakup mapel: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Asing lainnya, dan Antropologi.

Sedangkan Peminatan pada jenjang SMK/MAK dilaksanakan mengacu pada Spektrum Kejuruan, mencangkup Bidang Kejuruan, Program Kejuruan, dan Paket Kejuruan. Bidang Kejuruan merupakan pengelompokan sejumlah Program Kejuruan yang memiliki karateristik kejuruan serumpun. Program Kejuruan merupakan bagian dari Bidang Kejuruan dalam bentuk satu atau lebih Paket Kejuruan serumpun. Paket Kejuruan merupakan kemasan kejuruan spesifik dalam lingkup Program Kejuruan. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Masuki / Menengah / Pelajaran / Peminatan / Sekolah / Sosialisasi / TAHAP dengan judul "Sosialisasi Mata Pelajaran Peminatan Sekolah Menengah Masuki Tahap 3".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/sosialisasi-mata-pelajaran-peminatan.html.

ARTIKEL TERKAIT: